PENGUMUMAN

27 Agustus 2017

Kementerian ESDM Meriahkan Parade ASEAN 50

Minggu (27/8) pagi, Kementerian ESDM mengikuti Parade ASEAN 50 (peringatan ulang tahun ASEAN ke-50) dari Silang Monas ke Bundaran Hotel Indonesia. Acara ini dikoordinasi oleh Subdit Kerja Sama Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan bekerja sama dengan unit-unit di Kementerian ESDM, ASEAN Center for Energy (ACE) dan BUMN di sektor ESDM. Hadir pula pula dalam acara tersebut Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana dan Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Pubik dan Kerja Sama KESDM Dadan Kusdiana.

Dengan mengangkat tema "One ASEAN Community through Resilient and Sustainable Energy", lima puluh karyawan Kementerian ESDM berseragam merah, membawa balon tepuk dan atribut lainnya sambil meneriakkan yel-yel kerja sama ASEAN dan ESDM sepanjang perjalanan. Kementerian ESDM juga mengampanyekan gerakan hemat energi potong 10% dengan membentangkan spanduk, memakai atribut kampanye, serta membagi-bagikan informasi kepada ribuan masyarakat yang menonton. Parade ini memang diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day).

Semangat yang diusung sektor ESDM dalam kegiatan ini adalah ingin menginformasikan kepada masyarakat bahwa negara-negara ASEAN melalui berbagai pertemuan dan komunikasi yang dilakukan peduli pada ketahanan energi. Hal mudah yang dapat dilakukan masyarakat adalah dengan mematikan lampu bila tidak digunakan. Masyarakat juga diajak mencabut peralatan listrik jika ditinggalkan. Data rasio elektrifikasi Indonesia semester I tahun 2017 menunjukkan angka 92,8%, masih ada sekitar 7,2% rumah tangga Indonesia belum mendapatkan listrik dan 2.500 desa belum menikmati listrik. Gerakan hemat energi ini juga sebagai solidaritas terhadap saudara-saudara yang belum menikmati listrik tersebut.

Dengan kerja sama ASEAN di sektor ini, diharapkan dapat mewujudkan ketahanan energi untuk mewujudkan energi berkeadilan. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan