PENGUMUMAN

Materi Peluncuran Pedoman Penghitungan dan Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Bidang Energi pada Sub Bidang Ketenagalistrikan dapat diunduh di sini: disini.

28 Januari 2018

Kunjungi Labuan Bajo, Dirjen Gatrik Pastikan Infrastruktur Listrik Wisata Komodo

Dirjen Ketenagalistrikan Andy N Sommeng meninjau infrastruktur ketenagalistrikan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (25/1) hingga Sabtu (26/1). Dirjen didampingi Sesditjen Agoes Triboesono dan Direktur Bisnis Regional Jawa Bag Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Djoko Rahardjo Abu Manan meninjau kondisi kelistrikan di daerah wisata itu. Mendarat Jumat (26/1) di Bandar Udara Komodo, Dirjen beserta rombongan langsung mengunjungi proyek PLTMG Flores 20 MW atau PLTMG Rangko.

Dalam kunjungan tersebut Andy berpesan agar PLN dan mitra pembangunan dapat bekerja serius sehingga target COD bulan Mei 2018 dapat tercapai. Fokus pemerintah menurut Andy adalah memastikan kondisi kelistrikan di Indonesia Timur, seperti Papua dan Nusa Tenggara Timur dapat membaik. "Karena RE (rasio elektrifikasi) daerah ini masih cukup rendah," ungkap Andy.

Sabtu (27/1) Dirjen bertolak mengunjungi PLTD Pulau Rinca di Manggarai Barat. Pulau Rinca ini dihuni sekitar 1.500 komodo yang berdampingan dengan penduduk. Selain mengunjungi PLTD Rinca yang memiliki daya mampu 80 KW, Dirjen juga berdialog dengan masyarakat setempat. Ia berpesan kepada masyarakat Pulau Rinca bahwa selain akan terus meningkatkan infrastruktur ketenagalistrikan, ia akan menyampaikan aspirasi masyarakat Pulau Rinca yang membutuhkan perbaikan dermaga kepada instansi terkait.

Labuan Bajo merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang ditetapkan Presiden Jokowi dalam Perpres 3/2016. Pemerintah melalui kementerian ESDM terus berupaya meningkatkan infrastruktur kawasan pariwisata yang akan menjadi tujuan pariwisata kelas dunia ini. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan